Pengajian Tamasya Generasi Muda

makassar_apr13

Selama ini biasanya pengajian generasi muda Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) DPD Kota Makassar hanya berlangsung di dalam masjid. Oleh karenanya, untuk menciptakan suasana pengajian yang tidak monoton dan menyegarkan pikiran generasi muda maka diadakanlah pengajian tamasya. Pengajian ini tamasya ini sengaja disetting berbeda dari biasanya. Tujuannya adalah untuk memberikan suasana baru sekaligus untuk menghilangkan kepenatan ditengah padatnya frekuensi pengajian yang selama ini digelar ditiap-tiap majelis taklim.

Pengajian tamasya ini berlangsung pada Hari Minggu, 3 Maret 2013 dengan mengambil tempat di Pantai Tanjung Bayang, Makassar. Ratusan peserta tampak memadati lokasi kegiatan sejak pagi. Acara berlangsung hingga sore hari. Kegiatan outdoor ini mengambil tema “Membangun Semangat Kebersamaan dalam Mewujudkan Kerukunan, Keakraban dan Ukhuwah Islamiyah”.

Berbagai item acara berlangsung dalam pengajian alam berbuka ini. Kegiatan diawali dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua panitia, Yuditra Farmana, S.Pd. Selanjutnya ketua muda-mudi Aan Ardi, S.Pd. Terakhir, sambutan dibawakan oleh pembina muda-mudi, Muh. Furqon Nur, S.Kep. Kemudian acara diisi dengan siraman rohani yang dibawakan oleh dewan penasehat (wanhat) DPD LDII Kota Makassar, H. Andi Massapeary, SH., MH. Dalam arahannya, Andi Massapeary menekankan agar generasi muda menjaga kerukunan diatara sesama. Selain itu ia juga mengajak generasi LDII untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

“Kita semua harus bisa bersyukur kepada Allah karena bisa mengadakan kegiatan positif seperti pagi hari ini. Kita sekalian adalah manusia yang tidak biasa. Apa sebab? Kita adalah manusia pilihan yang senantiasa mengisi masa muda untuk beramal soleh”, demikian paparnya. Setelah nasehat agama selesai maka kegiatan diisi dengan forum diskusi. Dimana peserta yang hadir dibagi menjadi beberapa kelompok. Selanjutnya panitia memberi sebuah tema yang harus didiskusikan oleh masing-masing kelompok. Nantinya setiap kelompok akan mengutus juru bicara untuk mempresentasikan hasil diskusi mengenai tema yang telah ditentukan sebelumnya. Tampak peserta begitu antusias dalam mengikuti diskusi ini.

Setelah peserta lelah memutar otak dalam berdiskusi maka panitia mencairkan suasana dengan memperlombakan berbagai games menarik. Mulai dari stick berjalan, pingpong air dan pingpong sumpit. Menjelang berakhirnya event, tak lupa panitia membagi hadiah kepada para pemenang lomba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.